Biodata Penulis

Margaretha. Pengajar dan Peneliti di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga sejak 2004, serta Konselor Anak dan Remaja di Unit Pelayanan Psikologi Universitas Airlangga. Alumnus dari pendidikan Sarjana Psikologi di Universitas Airlangga, Posgraduate Diploma of Psychology dari University of Newcastle, Graduate Certificate of Education Assessment and Evaluation dari University of Adelaide, dan Research Master in Behavioural Sciences dari Utrecht University. Saat ini tertarik mengkaji isu-isu dalam Psikologi Forensik dan Perkembangan Psikopatologi. Tulisan-tulisan dalam Blog ini adalah hasil tulisan atau review personal, juga hasil diskusi, esai kuliah dan hasil penelitian bersama mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Iklan

34 thoughts on “Biodata Penulis

  1. salam kenal bu retha, saya Sari guru BK di Sma swasta di Sby. sy mengenal bu retha sewaktu jadi MC di pelatihan bu Hamidah untuk kebutuhan s3 beliau. sy mellihat di blog ini ibu punya minat yang sama dgn sy di psi forensik. kl diijnkan sy ingin banyak belajar dari pengalaman + ilmu ibu. terima kasih

  2. selamat malam ibu margareth, perkenalkan saya Handy Satria Yudha saya salah satu mahasiswa psikologi di perguruan tinggi swasta di jogja. saya sangat berminat sekali belajar mengenai psikologi forensik, saya harap ibu bersedia membimbing dan mengarahkan saya untuk dapat belajar mengenai Psikologi Forensik.

  3. Halo ibu margaretha, saya ayu dyah mahasiswi arsitektur universitas brawijaya, kebetulan skripsi saya mengenai bangunan pusat rehabilitasi sosial anak pelaku kriminalitas. Sekiranya ibu ada waktu untuk sedikit interview ttg anak kriminalitas untuk kebutuhan skripsi saya, apakah ibu bisa? Lewat email saja atau ada nomor ibu yang bisa saya hubungi? Terima kasih ibu atas perhatiannya, bantuan ibu pasti sangat berkenan bagi saya :))

  4. Salam kenal ibu…. Saya Nophaz Mahasiswa S1 Psikologi dan segera S2 Kajian Ilmu Kepolisian di UNAIR Surabay dan kebetulan juga anggota Kepolisian. Saya juga sedang belajar tentang Psikologi Forensik. Saya berminat berbagi ilmu dengan ibu, mengingat ilmu saya yang masih kurang. Terima kasih

    • Salam Hanggara,
      Senang berkenalan dengan anda. Silakan mari berdiskusi. Saya suka belajar. Mgkn ada hal2 yg bs anda sharing. Sy buka diskusi juga dalam kelas Psikologi Forensik di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Salam.

  5. Hai, Bu Margaretha… Saya Elisa. Mahasiswa Fakultas Psikologi. Saya ingin belajar dengan Ibu. Salam kenal ya. Saya suka sekali membaca tulisan ibu.

    • Halo Elisa,

      silakan mampir ke kelas Psikologi Forensik di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya.
      saya juga mengajar mahasiswa dari facultas lain di Universitas Airlangga dan universitas lain dalam matakuliah ini.

      Salam.

      • Halo Bu Margareth, saya Fiona Caroline dari Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya. Saya mendapat tugas untuk mewawancarai psikolog forensik. Jika ibu berkenan saya ingin meminta email ibu biar lebih nyaman saat menghubunginya.

        Terima kasih.

  6. Hai Bu.. saya indri. sekarang saya sedang kuliah S1 Psikologi di salah satu perguruan tinggi swasta.. saya ingin bertanya bu jika saya sudah lulus psikologi S1.. apakah saya bisa melanjutkan untuk mengambil Psi.Forensik ? kalau boleh tau untuk S2 Psi.Forensik di daerah Surabaya di Kampus mana ya buu ? Makasih.. Mohon infonya buu :}

    • Halo Indri,

      Saat ini sayangnya untuk mengambil Magister Psikologi Forensik hanya bisa dilakukan di luar negeri. Karena belum ada program S2 Psikologi Forensik di Indonesia.

      Akan sangat baik kamu teruskan semangatmu ini. Supaya suatu saat, Psikologi Forensik di Indonesia berkembang.

      Salam.

  7. Hallo Ibu Margaretha, saya student psikolog di Jerman dan saya berminat sekali dalam bidang forensik psikolog. Rencananya saya ingin magang tahun depan di Indonesia. Bisakah Ibu memberi saran dimana saya bisa mencari info tentang ini? Saya kurang tahu dimana student bisa magang di bidang klinis psikologi, soalnya kebanyakan saya melihat tempat magang di perusahan. Terima kasih atas perhatiannya.

  8. Salam kenal bu Greta.
    saya Esa, Psikolog baru di Pusat Layanan Autis Sidoarjo yang juga tertarik dengan psikologi forensik. Pengetahuan tentang autis sangat amat minim pakai sekali. hehehe… sedikit lebay.
    saya dengar ada study di Australia yang 1.5 bulan itu ya bu.
    Lalu, kalau ingin memperdalam forensik, bagaimana ya bu?
    Ini berasa saya ngeragas alias semua ingin diterjuni. hehehe…
    terima kasih bu sebelumnya šŸ™‚

    • Halo mba, bisa kontak saya di Fakultas Psikologi Unair. Setiap tahunnya saya memberikan pelatihan untuk terapis autisme. Saya rasa PLA Sidoarjo sudah sering berdialog dengan saya. Tapi silakan kalau ada yang ditanyakan. Mohon maaf kemungkinan agak lambat jawab.

      mengenai Psikologi Forensik, saat ini untuk menjadi psikolog forensik masih harus mengambil program kuliah s2 di luar negeri. di Unair, matakuliah psikologi forensik untuk S1 perluasan wawasan. Saya juga lebih banyak melakukan penelitian daripada praktek psikologi forensik. Namun, tugas klinis saya membuat saya banyak berhubungan dengan kasus kejahatan dan kekerasan.

      jangan berhenti untuk belajar.

      salam.

  9. Halo Ibu Margaretha. Nama saya Martha Lusiana. Saya tertarik dengan diskusi tentang kekerasan verbal karena sesuai dengan objek kajian tesis saya di program studi Linguistik UGM. Saya tertarik dengan refrensi penulisan Ibu. Kiranya Ibu mau berbagi tenga sumber tersebut, mengingat refrensi dari linguistik tentang kekerasan verbal masih minim saat ini.. Terima kasih Ibu Margaretha.

    • halo mba martha. memang tidak banyak kajian psikolinguistik kekerasan. bisa gunakan buku ini dulu karena cukup banyak ulasan kekerasan verbal.

      Evans, P. (2006). The Verbally Abusive Man, Can He Change: A Guide for Women to Deciding to Stay or Go. Adams Media: Massachusetts.

      salam

  10. hallo ibu, salam kenal saya indah fitria, salah satu mahasiswi psikologi bu, dan tertarik dengan psikologi forensik. terima kasih telah membagi ilmunya dengan yang lain bu šŸ™‚

    jika saya ingin bertanya lebih lanjut apakah saya bisa menghubungi ibu via email..?

    terima kasih bu.

  11. Bu margareta saya bunda agustini ketua kelas dr alumni psikologi bunda paud, selain di paud kebetulan sy saat ini jg ikutan gabung di kpaw (kelompok pemantau anak wonokusumo) yg di bawa naungan GNI(gugah nurani indonesia) yg bergerak dalam pemantauan anak yg di dalam GNI itu anggota dr kader paud-pkk-posyandu dan dr pihak GNI ingin mengundang ibu tp no hp ibu terhapus jd sy tdk bs menghubungi ibu…. Kl berkenan sy mnt no hp ibu no sy tetap bu di hp/WA 085852528185……salam dr teman2x alumni psikologi bunda

  12. Bu margareta saya bunda agustini ketua kelas dr alumni psikologi bunda paud, selain di paud kebetulan sy saat ini jg ikutan gabung di kpaw (kelompok pemantau anak wonokusumo) yg di bawa naungan GNI(gugah nurani indonesia) yg bergerak dalam pemantauan anak yg di dalam GNI itu anggota dr kader paud-pkk-posyandu dan dr pihak GNI ingin mengundang ibu tp no hp ibu terhapus jd sy tdk bs menghubungi ibu…. Kl berkenan sy mnt no hp ibu no sy tetap bu di hp/WA 085852528185……salam dr teman2x alumni psikologi bunda

  13. Selamat siang bu. Saya Stephanie, mahasiswi jurusan psikologi semester 2. Saya tertarik dengan psikologi forensik dan psikologi klinis karena saya tertarik dengan psikopatologi. Saya ingin bertanya, pendidikan apa yg harus saya temph untuk menjadi psikolog forensik. Lalu, saya ingin meminta rekomendasi kepada ibu perihal universitas mana yang bagus untuk S2 forensik dan klinis baik di dalam negeri maupun luar negeri. Terima kasih..

    nb: ibu sangat membuat saya kagum dengan tulisan-tulisan ibu šŸ™‚

    • Hi Stephanie,
      maaf telat banget responnya. S2 forensik di US rata2 lebih kuat karena di sana kerjasama pendidikan, riset dan terapan di kepolisian sangat kuat, sehingga bisa mempelajari ilmu yang paling relevan dalam forensik saat ini. Tapi di berbagai negara juga akan punya kekuatan lainnya.
      Psikologi forensik bukan hanya kontribusi psikologi klinis. Misalnya, psikologi perkembangan bisa memberikan kontribusi penjelasan mengapa orang bisa berkembang menjadi kriminal, hal ini sangat penting bagi pencegahan kriminal. dan juga bebagai bidang minat psikologi lainnya.

  14. Selamat siang bu.. Saya Sindi, mahasiswi jurusan ilmu hukum semester akhir. Saya tertarik untuk membuat skripsi tentang criminal profiling. Apabila ibu pnya waktu apakah saya bisa menghubungi ibu via email utk mengajukan bberapa pertanyaan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s